Tuesday, June 11, 2013

KECAK DANCE

Menjadi Pribadi Indonesia yang sesungguhnya Musti benar benar menghargai Setiap Budaya dan Keberagaman Yang ada Di Indonesia Ini. Sejarah dan histori yang bisa diungkap salah satunya adalah Tarian daerah Atau Traditional Dance From Indonesia. Kali ini saya Berbagi Informasi Tentang Sejarah Asal Usul Tarian Daerah Bali Yaitu Kecak Dance. Sakral, penuh history, dan begitu menarik untuk di simak.

Sejarah Tari Kecak Pulau Dewata Bali dimulai Sejak tahun 1930an . Tarian daerah Asli Adat pulau Kecil Nan Indah Di timur Pulau Jawa ini biasanya di tarikan Oleh Beberapa Penari Laki laki Yang melingkar dengan irama Khas kata ” Cak ” dan mengangkat kedua Tanganya Keatas. Biasanya Penari Menggunakan Baju Khas Bali Dengan motif kotak kotak hitam putih layaknya papan catur.


Tarian Khas ini mengambarkan Kisah Ramayana saat sang Rama dan Barisan pasukan kera Melawan rahwana raja Yang Jahat. Sedangkan Irama Lagu diambil dari sebuah Ritual tarian sanghyang ( sebuah tradisi dimana setiap penarinya hilang kesadaranya dan bisa berkomunikasi dengan alam lain )

Umumnya di bali ada 3 lokasi Penting Yang selalu Menampilkan tarian Kecak Bali ini. Yaitu Di Pura Luhur uluwatu, Desa batubulan dan Juga Di Jalan Hanoman Bali .

Salah satu Keunikan Dari tarian ini adalah tidak menggunakan Alat musik pengiring Karena Lagunya di dapatkan dari Suara Cak Cak si penari . Tarian ini sering Disebut tari Kecak dan Api hal inilah Yang membuat Banyak wisatawan mancanegara dan lokal Menyukai bali sebagai pusat Pemberdayaan Budaya Lokal Yang arif.

Sumber : ayoberbagi.com

No comments:

Post a Comment